Test Drive All New Sienta Q Transmisi Otomatis

Varian dengan harga jual 395 juta ini memiliki fitur paling komplit baik dalam hal safety maupun kelengkapan lainnya.

Desain sienta yang unik terinspirasi dari sepatu tracking yang dikatakan oleh hiroki sunouchi, Project Manager of sienta Toyota Motor Corporation sebagai sepatu yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Hal ini menggambarkan fleksibilitas sienta yang sesuai bagi berbagai aktivitas pemiliknya.

Tampak keluar, ada beberapa perbedaan yang langsung terlihat dari varian Q dibanding grade lain di bawahnya. Sebagai varian tertinggi, All new sienta Q dilengkapi headlamp B-LED dengan clearance lamp berbentuk Boomerang yang juga berteknologi LED. selain lampu senja, bentuk Boomerang dan teknologi LED juga digunakan di lampu belakang.

Ciri lain dari varian Q adalah Aero kit yang hanya ada pada sienta yang dipasarkan di Indonesia. dibanding rivalnya yang juga menggunakan pintu geser, posisi mengemudi di Sienta lebih terasa seperti passenger car dengan dashboard berdesain mengalir seperti eksteriornya dan terbagi dalam dua area yaitu pengemudi dan penumpang.

Meski posisi duduknya lebih rendah dibanding rivalnya pengemudi sienta mendapatkan ruang pandang yang lapang. pengaturan bangku dan kemudi yang fleksibel membuat posisi mengemudi ideal mudah diperoleh, apalagi setir dengan lapisan kulit terasa nyaman digenggam. pengemudi Sienta juga dihibur oleh panel instrumen optitron yang dilengkapi layar TFT berisi berbagai informasi yang dibutuhkan. sistem hiburan di sienta dilengkapi head unit dengan monitor berukuran 7 inci berfitur multi-touch dengan sistem operasi Android. head unit ini juga dilengkapi fitur Wireless screen mirroring miracast via WiFi yang dapat terhubung dengan smartphone berbasis Android dan iOS.

Rute yang kami jalani menggunakan sienta ini merupakan kombinasi antara jalur padat di dalam kota Bandung hingga tol padaleunyi yang memungkinkan kami memacunya dengan kecepatan tinggi. paduan mesin 2NR FE dan transmisi safety CVT yang digunakan dirasa masih mampu mengikuti kebutuhan bermanuver di kepadatan lalu lintas serta jalan-jalan di kota Bandung yang berkontur naik turun. meski demikian tetap terasa bahwa pemilihan CVT menunjukkan bahwa Toyota mengutamakan kehalusan berkendara pada sienta. tenaga mesin berteknologi dual VVTI yang digunakan sienta terasa cukup memadai saat digunakan di jalan tol padaleunyi. yang menyenangkan dari transmisi CVT Sienta adalah lisensi mode manual yang tidak sok pintar dan berpindah rasio secara otomatis sebelum diperintahkan. model ini memungkinkan adanya efek enngine brake saat melaju cepat di turunan panjang seperti di jalan tol.

dalam hal keselamatan, sienta Q telah dilengkapi fitur safety aktif berupa Hill start assist dan vehicle stability control. Kami sempat mencoba fungsi Hill start assist saat berhenti di tanjakan. setelah pedal rem diinjak di tanjakan, sistem akan menjaga tekanan rem selama beberapa saat untuk memberi waktu bagi kaki pengemudi untuk berpindah dari rem ke pedal gas sebelum mobil berjalan. sistem rem Sienta Q sendiri sudah dilengkapi fasilitas ABS, electronic brake distribution (EBD) dan brake assist. Sementara 3 buah SRS airbag (Driver, passenger, driver knee) sebagai kelengkapan safety pasif sudah menjadi standar di semua varian sienta.

bantingan suspensi sienta terasa bekerja secara progresif. saat digunakan di dalam kota,  ayunannya terasa lembut dan membuai, tapi ketika melaju cepat di jalan bebas hambatan suspensi seolah mengeras dan menghasilkan bantingan yang lebih mantap.

tak hanya merasakan sienta sebagai pengemudi, kami juga duduk di bangku penumpang depan, baris kedua dan ketiga. saat duduk dibangku penumpang depan, kami dimanjakan oleh banyaknya kompartemen penyimpanan yang tersedia. di depan terdapat dua buah glovebox yang salah satunya dapat difungsikan sebagai cool box pendingin minuman dengan cara mengalihkan aliran udara dingin dari AC. Selain glovebox yang tertutup, kompartemen untuk meletakkan barang juga ada dimana-mana. mulai dari konsol Tengah yang juga dilengkapi pemisah koin dan uang kertas, celah diantara laci dashboard atas dan bawah, serta kompartemen di bagian bawah pintu.

khusus untuk penumpang depan juga tersedia laci dibawa bangku yang dapat digunakan untuk menyimpan sepatu. untuk duduk di bangku belakang, dual power sliding door memberi kemudahan akses masuk ke dalam kabin. bangku baris kedua ini dapat digeser maju mundur serta reclining untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman.

akses ke baris ketiga bisa diperoleh dengan melipat bangku hanya dengan satu gerakan. salah satu hal yang diunggulkan cinta adalah dari sisi dive in seats yaitu sistem pelipatan kursi baris ketiga yang memungkinkan bangku masuk ke bawah baris kedua dan menghasilkan ruang barang dengan lantai rata. Dengan demikian ruang barang dapat dimanfaatkan sepenuhnya tanpa terhalang oleh bangku baris ketiga yang digantung ke samping seperti pada rivalnya Honda Freed atau model Toyota lainnya seperti Kijang Innova, NAV1 dan Alphard.

meski dimensi sienta terbilang kompak, bangku baris ketiga tetap dapat diduduki dengan nyaman. namun ada syaratnya, untuk duduk nyaman di posisi Ini bangku baris kedua harus digeser sepenuhnya kedepan. dengan cara ini penumpang di baris ketiga memiliki posisi duduk yang cukup nyaman karena kedua kaki dapat dimasukkan ke dalam ruang tempat penyimpanan bangku di bawah kursi baris kedua. untungnya dengan posisi tersebut, penumpang di baris kedua tidak terenggut kenyamanannya.

dengan fasilitas yang dimilikinya, all new sienta Q siap mengisi celah di antara Grand new Veloz dan all new Kijang Innova.

Author

Ryu Sienta Blog ini berisi pengalaman Pribadi saya dalam setiap kejadian dan informasi terbaru dari segala sudut pandang, mulai dari Tutorial, Tips and Trik sampai dengan Berita terbaru dan terhangat di dunia maya. Follow terus Blog ini yuk?

1 comment

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete

Post a Comment